Berita Dunia Islam Terdepan

Pasukan pro-Hadi: Houtsi kehilangan wilayah di Taiz

Asap mengepul dari gedung pemerintah di Al-Houta, ibukota provinsi Lahj, Yaman selatan pada 21 Maret 2015. (Foto: Reuters)
6

TAIZ (Arrahmah.com) – Pasukan pro-pemerintah Yaman yang diakui oleh negara-negara Barat dan Arab dan dipimpin oleh Abd-Rabbu Mansour Hadi, pada Kamis (18/8/2016) mengklaim bahwa mereka berhasil menangkap beberapa posisi dari milisi Syiah Houtsi di Taiz tengah.

Pasukan pro-pemerintah Hadi melancarkan serangan secara serentak dari timur dan barat pada posisi Houtsi di dalam kota, menurut pernyataan Brigadir Jenderal Abdul Wahid Sarhan, kepala intelijen militer di Taiz, seperti dilaporkan Anadolu.

“Pasukan pemerintah sekarang berusaha untuk merebut kembali wilayah Al-Dhabab dengan maksud untuk memecah pengepungan yang dikenakan pada warga kota oleh Houtsi dan sekutu mereka,” lanjutnya.

Menurut sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh media pro-pemerintah Hadi, pasukan pemerintah telah mengalami kemajuan dari timur Taiz dan merebut kembali sejumlah lokasi.

“Empat militan Houtsi tewas dalam pertempuran dan sebuah tank milik Houtsi telah dihancurkan,” ujar laporan media pro-pemerintah.

Pada Maret tahun lalu, pasukan koalisi pimpinan Arab Saudi mulai meluncurkan kampanye udara besar-besaran di Yaman dengan dalih untuk mengalahkan milisi Syiah Houtsi yang berupaya menggulingkan pemerintahan.

Didukung dengan serangan udara oleh koalisi pimpinan Saudi, pasukan pro-pemerintah telah berhasil merebut kembali sebagian besar wilayah yang sebelumnya diduduki oleh Houtsi dan sekutunya. Namun sejauh ini mereka belum berhasil merebut kembali ibukota Yaman, Sana’a yang jatuh ke tangan Houtsi pada 2014 lalu. (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...