Berita Dunia Islam Terdepan

Ratusan warga Irak turun ke jalan memprotes pemerintah yang korup

Rakyat Irak turun ke jalan sebelumnya untuk memprotes reformasi pemerintah Irak. (Foto: MEMO)
3

BAGHDAD (Arrahmah.com) – Ratusan warga Irak ke jalan-jalan di kota Baghdad pada Jumat (12/8/2016) untuk memprotes korupsi yang dilakukan oleh pemerintah Irak, lansir MEMO.

Demonstrasi serupa juga diadakan di kota-kota lain di Irak.

Para pengunjuk rasa berkumpul di Al-Tahrir Square di pusat Baghdad. Jembatan dan jalan-jalan utama di ibukota ditutup oleh pasukan keamanan.

Para pengunjuk rasa menyampaikan keluhan mereka kepada Perdana Menteri Haidar Al-Abadi agar korupsi di pemerintahan dihentikan. Mereka juga ingin perubahan yang komprehensif dalam tubuh pemerintahan.

“Pemerintah masih bisa menyelidiki pejabat yang berafiliasi partai politik dan buat mereka bertanggung jawab atas korupsi yang telah mereka lakukan dan kegagalan mereka dalam melayanani dan menjalani pemerintahan,” kata seorang pengunjuk rasa.

“Setahun lalu,” ujar Ahmed Radi, “Al-Abadi membuat beberapa janji, termasuk janji untuk memerangi korupsi, menuntut para pejabat korup, menyetujui sistem janji yang transparan dan berkualitas, tetapi tak ada satu pun yang dikerjakan.”

Menurut Indeks Transparansi, Irak termasuk di antara negara-negara paling korup di dunia selama bertahun-tahun. Banyak organisasi internasional telah melaporkan bahwa ada penipuan dan penggelapan dana publik dalam skala besar. (fath/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...