Berita Dunia Islam Terdepan

Erdogan akan bertemu Putin di Rusia pada 9 Agustus

Presiden Erdogan dan Putin akan bertemu untuk pertama kalinya sejak normalisasi hubungan antara kedua negara. [Foto: World Bulletin].
4

ANKARA (Arrahmah.com) – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan akan bertemu dengan presiden Rusia Vladimir Putin di St.Petersburg pada tanggal 9 Agustus, ungkap Wakil Perdana Menteri Turki Mehmet Simsek, Selasa (26/7/2016), sebagaimana dilansir World Bulletin.

Pertemuan tersebut akan menjadi yang pertama sejak Rusia dan Turki memulihkan hubungan pasca jatuhnya sebuah jet tempur Rusia pada bulan November tahun lalu.

Berbicara menjelang pertemuan dengan Wakil Perdana Menteri Rusia Arkadiy Dvorkovich di Moskow, Simsek mengatakan bahwa kedua negara ingin menormalkan hubungan “secepat mungkin”.

“Rusia tidak hanya tetangga berharga kami, tetapi juga mitra penting dan strategis kami,” kata Simsek.

“Kami di sini untuk memperbaiki hubungan kami dan membawanya ke tingkat yang lebih tinggi dari sebelum 24 November,” tambahnya.

Pasca jatuhnya jet tempur Rusia yang melanggar wilayah udara Turki pada 24 November, hubungan kedua negara itu memburuk dengan cepat.

“Kami bertujuan untuk meningkatkan hubungan kedua negara dengan [dialog] konstruktif,” kata Dvorkovich.

Simsek mengatakan bahwa ia berterima kasih kepada Rusia atas dukungannya terhadap Turki selama percobaan kudeta 15 Juli.

(ameera/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...