Berita Dunia Islam Terdepan

1 juta pengungsi warga Irak kembali ke Rumah

Foto: Anadolu Agency
6

BAGHDAD (Arrahmah.com) – Sekitar satu juta pengungsi warga Irak telah kembali ke rumah mereka di daerah yang direbut kembali dari tangan ISIS, menurut Kementerian Migrasi, sebagaimana dilansir kantor berita Turki Anadolu.

“Hampir satu juta orang telah kembali ke daerah mereka,” kata pejabat kementerian, Sattar Nowruz, Selasa (27/7/2016).

“Namun, lebih dari 3,7 juta masih mengungsi,” tambahnya.

Pada tahun 2014, Islamic State (IS atau biasa dikenal ISIS) menyerbu Mosul dan beberapa wilayah luas di utara dan barat Irak. Pasukan Irak, yang didukung oleh serangan udara yang dipimpin AS, telah berhasil merebut kembali sebagian besar wilayah.

Pasukan Irak sedang mempersiapkan serangan besar-besaran untuk merebut kembali Mosul dari tangan ISIS, dengan dugaan bahwa sekitar dua juta orang akan meninggalkan rumah mereka ketika serangan itu terjadi.

Pada Senin (26/7), Uni Eropa mengalokasikan dana bantuan bantuan sebesar 104 juta euro kepada mereka yang terkena dampak operasi anti-ISIS yang sedang berlangsung di negara itu.

Pekan lalu, pendonor yang melakukan pertemuan di Washington menjanjikan dana 2,1 miliar dolar untuk membantu merekonstruksi wilayah yang hancur akibat perang melawan ISIS. (fath/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...