Berita Dunia Islam Terdepan

Pasukan Uni Afrika berupaya mengepung kota Marka yang dikuasai Asy-Syabaab

Pasukan Uni Afrika yang dikerahkan di Somalia. (Foto: Shabelle)
7

MARKA (Arrahmah.com) – Pasukan AMISOM (Misi Uni Afrika di Somalia) maju ke dalam dan sekitar kota pelabuhan Marka di Somalia selatan pada Senin (25/7/2016) dalam apa yang tampaknya sebagai upaya untuk mengepung kota yang dikendalikan oleh pejuang Asy-Syabaab.

Tentara AMISOM dari berbagai penjuru dikerahkan di dekat kota, untuk mempersiapkan serangan yang mereka klaim untuk mengusir pejuang Asy-Syabaab keluar dari kota, lansir Shabelle.

Marka adalah sebuah kota pelabuhan yang berlokasi sekitar 100 km dari selatan Mogadishu, ibukota Somalia. Kota ini direbut oleh Asy-Syabaab dan dikendalikan oleh mereka sejak tahun 2012.

Seorang warga setempat yang tidak ingin disebutkan namanya mengatakan kepada Radio Shabelle melalui telepon bahwa mereka sedang dalam ketakutan karena mungkin pertempuran sengit akan pecah antara pejuang Asy-Syabaab dengan pasukan Uni Afrika.

Pejuang Asy-Syabaab berhasil menguasai seluruh kota Marka pada pekan lalu setelah pasukan boneka Somalia menarik diri dari kota karena gaji yang belum dibayarkan selama beberapa bulan, menurut warga setempat. (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...