Berita Dunia Islam Terdepan

Sebanyak 148 jamaah dari Manokwari akan ke Tanah Suci

Foto ilustrasi; Jamaah haji Indonesia
7

MANOKWARI (Arrahmah.com) – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Manokwari, Papua Barat, tahun ini memberangkatkan sebanyak 148 jamaah calon haji ke Tanah Suci, Arab Saudi.

Mengutip Antara, Pelaksana Tugas Penyelenggara Haji dan Umroh Kementerian Agama Manokwari, Hasni AS, di Manokwari, Rabu, mengatakan, kesiapan keberangkatan haji tahun ini sudah 75 persen.

“Para calon haji sudah mengikuti tes kesehatan dan pemberian vaksin. Tinggal manasik dan acara pelepasan dari Manokwari yang rencana akan kami laksanakan pada 6 Agustus,” katanya.

Dia menyebutkan, jemaah calon haji dari Manokwari terbagi dalam dua kloter yakni kloter 16 dan 17. Di kloter 16 terdapat 128 jemaah, dan sisanya tergabung dalam kloter 17.

Setelah pelepasan, kata dia, jemaah pada kloter 16 akan diberangkatkan dari Manokwari pada 25 Agustus menuju asrama haji Makassar, Sulawesi Selatan. Selanjutnya pada 28 Agustus jemaah haji berangkat dari Indonesia menuju Arab Saudi.

“Itu untuk kloter 17 mereka akan berangkat belakangan. Jeda waktunya tidak terlalu lama, cuma beda satu hari dari kloter 16,” ujarnya.

Hasni mengutarakan, setiap kloter disiapkan satu pembimbing, satu dokter dan dua tenaga perawat yang siap mendampingi para calon haji dari Manokwari hingga kembali ke Manokwari lagi.

Pihaknya berpesan, seluruh calon haji menjaga kesehatan masing-masing, sebab, saat ibadah sudah dimulai rutinitas sangat padat dan menguras banyak tenaga.

“Dari rombongan Manokwari ada delapan orang yang sudah lanjut usia. Selama ibadah mereka dibantu pendamping masing-masing,” katanya.

(azm/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...