Berita Dunia Islam Terdepan

Turki meluncurkan serangan udara pertama terhadap PKK di Irak sejak upaya kudeta

4

TURKI (Arrahmah.com) – Angkatan bersenjata Turki telah melancarkan serangan udara pertama mereka melawan militan Kurdi di Irak utara sejak upaya kudeta pekan lalu, menewaskan 20 militan, lapor media pemerintah, Rabu (20/7/2016).

Jet-jet tempur F-16 pada Selasa (19/7) menyasar target PKK di daerah Kakurk di Irak utara, lapor kata kantor berita yang dikelola negara Anadolu, mengutip sumber-sumber keamanan sebagaimana dilansir WB.

Mantan kepala angkatan udara Turki Jenderal Akin Ozturk, serta 25 mantan jenderal lainnya dan banyak tentara telah ditangkap, setelah diduga merencanakan kudeta Jum’at lalu, di mana pasukan para pemberontak menggunakan jet dan tank untuk mencoba menggulingkan pemerintahan Presiden Recep Tayyip Erdogan.

Hari Rabu ini menandai hari pertama dimulainya kembali pertempuran antara pasukan keamanan Turki melawan PKK setelah dua setengah tahun gencatan senjata yang sebagian besar berhasil.

Sebaliknya, PKK telah kembali melakukan serangan rutin terhadap pasukan keamanan, yang telah melawan kembali dengan operasi tanpa henti di pusat-pusat perkotaan Turki dan serangan udara di pegunungan tenggara Turki dan pangkalan PKK di Irak utara.

(banan/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...