Berita Dunia Islam Terdepan

Orang Turki di AS menuntut Gulen diekstradisi ke Turki

Sekitar 100 warga Turki dari negara-negara tetangga berkumpul di kediaman Fetullah Gulen di Saylorsburg.
11

PENNSYLVANIA (Arrahmah.com) – Warga Turki di AS pada Sabtu (16/7/2016) berkumpul di Pennsylvania untuk memprotes upaya kudeta di Turki yang dipimpin oleh Fetullah Gulen yang tinggal di pengasingan di negara bagian AS.

Sekitar 100 warga Turki dari negara-negara tetangga berkumpul di kediaman Fetullah Gulen di Saylorsburg, sebagaimana dilansir Anadolu Agency.

Beberapa dari mereka datang dari jauh seperti Washington DC untuk menuntut ekstradisi Gulen ke Turki agar diadili atas beberapa upaya untuk menjatuhkan pemerintah Turki yang terpilih secara sah.

Upaya terbaru terjadi pada Jum’at malam ketika sebuah kelompok dalam tubuh militer mencoba untuk melancarkan sebuah kudeta militer, yang menimbulkan kecemasan di kalangan rakyat Turki.

Sekitar 160 orang tewas oleh komplotan kudeta yang memblokir jembatan dan bandara, dan mengupayakan pembungkaman media dan mencoba untuk mengebom gedung Majlis Agung.

Nejit Zafer Saydam yang melakukan perjalanan dari Connecticut untuk bergabung dalam aksi protes tersebut mengatakan kepada Anadolu Agency bahwa ia ingin Gulen diadili di Turki.

“Apa yang kami inginkan adalah orang ini harus diserahkan oleh pemerintah AS kepada pemerintah Turki agar ia bisa kembali dan diadili atas apa yang dia lakukan kepada Turki,” katanya.

Hasan Guclu, yang mengorganisir aksi protes tersebut yang berasal dari Delaware, mengatakan bahwa walaupun aksi protes tersebut tidak akan cukup untuk membuat Gulen kembali ke negara asalnya guna menghadapi dakwaan, tapi protes itu tetap signifikan untuk meningkatkan kesadaran.

(ameera/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...