Berita Dunia Islam Terdepan

Dari Indonesia, kudeta berdarah yang gagal di Turki mendapat kecaman

Prof Dr. Jimly Asshiddiqie
7

JAKARTA (Arrahmah.com) – Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) mengutuk keras percobaan kudeta menggulingkan Presiden Turki Erdogan dari posisi resminya. Prof.Dr. Jimly Asshidique, ketua umum ICMI, mengajak segenap elemen demokrasi yang beradab dimana saja untuk mengutuk keras percobaan kudeta oleh militer Turki terhadap pemerintahan yang sah.

“Kita doakan rakyat Turki kuat menghadapi segala ancaman dan pada saatnya dapat mengatasi kudeta dengan sebaik-baiknya,” ujar Jimly dikutip darti Republika.co.id, Sabtu (16/7/2016).

Senada, Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon, mengecam upaya kudeta militer terhadap pemerintahan yang sah di Turki.

“Kita harus mengutuk keras upaya kudeta militer di Turki yang ingin menggulingkan pemerintahan yang sah dan telah menimbulkan korban,” kata Fadli di Jakarta, Sabtu (16/7).

Menurut Fadli, sangat penting bagi semua pihak untuk mengakui pemerintah yang terpilih secara demokratis dan menghindari kekerasan serta pertumpahan darah.

“Upaya kudeta terhadap pemerintahan yang sah, hanya menimbulkan dampak negatif, tak hanya bagi perkembangan demokrasi di Turki namun juga masyarakat internasional,” kata Fadli.

Turki sebagai negara besar, sahabat Indonesia, memainkan peranan penting dalam menjaga stabilitas di level regional dan juga global.

Seluruh pihak terkait untuk menyelesaikan dinamika politik yang ada secara damai dan konstitusional sesuai dengan prinsip demokrasi dengan mengutamakan kepentingan rakyat Turki.

“Saya yakin upaya kudeta ini tak mendapat respon positif dari rakyat Turki dan pemerintahan Erdogan bisa mengatasi keadaan dengan cepat,” kata Fadli.

(azm/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...