Berita Dunia Islam Terdepan

ISIS kehilangan seperempat wilayah di Irak dan Suriah dalam 18 bulan

5

(Arrahmah.com) – Menurut laporan IHS yang dipublikasikan pada Ahad (11/7/2016), kelompok ISIS telah kehilangan wilayah di Suriah dan Irak yang setara dengan ukuran Irlandia dalam 18 bulan terakhir, lansir Al-Bawaba.

Daerah yang dikuasai oleh kelompok pimpinan Abu Bakar Baghdadi itu berkurang dari 90.800 km persegi pada bulan Januari 2015, enam bulan setelah mereka mengklaim kekhalifahan di Suriah dan Irak, menjadi 68.300 km persegi, kata badan riset tersebut.

ISIS juga kehilangan kota Ramadi pada akhir 2015, yang dianggap sebagai kubu utama kelompok mereka. Militer Irak sedang mempersiapkan untuk merebut kembali Mosul, ibukota de facto ISIS.

Di Suriah, kelompok ISIS kehilangan wilayah di mana pasukan yang didukung Iran dan Rusia mendukung rezim Bashar Asad, dan Pasukan Demokratik Suriah (SDF) yang didukung oleh AS.

SDF menduduki kota Al-Shadadi pada bulan Februari, yang dianggap sebagai pusat logistik utama bagi militan. Pada bulan Maret, pasukan Suriah dan sekutu yang didukung oleh serangan udara Rusia memaksa ISIS untuk menarik diri dari kota kuno Suriah, Palmyra dan sekitarnya.

(banan/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...