Berita Dunia Islam Terdepan

Erdogan dan Putin rencanakan pertemuan tatap muka

3

TURKI (Arrahmah.com) – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Presiden Rusia Vladimir Putin melakukan pembicaraan melalui telepon, Rabu (28/6/2106). Kedua pemimpin negara itu sepakat untuk bertemu dalam upaya untuk memperbaiki hubungan dan kerja sama dalam memerangi “terorisme”, menurut sumber-sumber Kepresidenan Turki.

Sumber juga mengatakan keduanya menunjukkan pentingnya kerjasama terhadap krisis politik, ekonomi dan kemanusiaan di wilayah mereka yang digambarkan “sangat produktif dan positif”.

“Presiden Rusia Putin menyatakan belasungkawa kepada warga Turki menyusul serangan bunuh diri mematikan dan tembakan di Bandara Ataturk utama Turki yang menewaskan 36 orang selama pembicaraan dengan Erdogan,” tambah pernyataan itu, sebagaimana dilansir WB.

Pembicaraan telepon ini dilakukan menyusul surat yang ditulis oleh Erdogan, yang menyatakan kesedihan atas insiden jatuhnya jet Rusia.

Hubungan antara kedua negara telah tegang sejak militer Turki menembak jatuh sebuah jet Rusia yang melanggar wilayah udara Turki pada bulan November tahun lalu.

Sebagai pembalasan atas insiden tersebut, Rusia membuat daftar sanksi ekonomi dan lainnya untuk melawan Turki.

(banan/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...