Berita Dunia Islam Terdepan

Di bawah kesepakatan baru, Turki akan membangun rumah sakit dan rumah tinggal di Jalur Gaza

Perdana Menteri Turki. (Foto: WB)
1

ANKARA (Arrahmah.com) – Perdana Menteri Turki, Binali Yıldırm mengklaim pada Selasa (28/6/2016) bahwa hubungan Ankara dengan Tel Aviv telah memasuki tahap baru di mana seluruh warga Palestina akan diuntungkan.

“Kami akan mengirimkan kapal bantuan pertama ke Jalur Gaza pada Jum’at,” ujar Perdana Menteri Turki selama pidato dihadapan parlemen.

Dia menambahkan bahwa rumah sakit dan rumah tinggal akan dibangun oleh Turki di bawah kesepakatan baru.

Pernyataannya muncul sehari setelah Turki mengumumkan pemulihan hubungan diplomatik dengan “Israel” dan penyesalan untuk Rusia atas jatuhnya jet tempur Rusia tahun lalu yang ditembak jatuh oleh tentara Turki, lansir WB.

Ylıdırım mengatakan bahwa kesepakatan antara Ankara dan Tel Aviv telah ditandatangani setelah “Israel” menerima tiga kondisi yang diajukan Turki.

“Perjanjian itu tidak mudah. Kami memiliki tiga kondisi. ‘Israel’ meminta maaf atas peristiwa 2013. Ini adalah permintaan pertama kali. Dua kondisi lainnya terpenuhi oleh kesepakatan kemarin yang ditandatangani pagi ini,” ujar Ylıdırım.

Kebijakan luar negeri Turki telah memasuki fase baru ketika Ylıdırım mengumumkan niatnya untuk membangun hubungan yang baik dengan semua negara tetangga setelah kesepakatan dengan “Israel”.

“Hubungan Turki dengan semua negara-negara Laut Hitam dan Mediterania akan menjadi tujuan yang paling penting bagi pemerintah kami,” ungkapnya. (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...