Berita Dunia Islam Terdepan

Presiden Erdogan dan Mahmoud Abbas bahas pembicaraan Turki-‘Israel’

Presiden Otoritas Palestina Mahmoud Abbas (kiri) dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. (Foto: Anadolu Agency)
4

ANKARA – (Arrahmah.com) – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan melakukan pembicaraan melalui telepon dengan Presiden Otoritas Palestina Mahmoud Abbas pada Ahad (26/6) untuk membahas perihal normanilasi hubungan Turki dengan “Israel”.

Erdogan mengatakan kepada Abbas, bahwa Turki telah mencapai kesepakatan dengan “Israel” dalam upaya peningkatan kondisi kemanusiaan di Gaza, Palestina.

Abbas mengatakan, pemerintah menyambut baik hal tersebut, ungkap salah satu sumber dari presiden Turki yang tidak disebutkan namanya.

Pada tahun 2010, enam kapal sipil Turki dalam armada bantuan kemanusiaan untuk Gaza diserang di perairan internasional oleh penjajah “Israel”. Sembilan warga Turki tewas dan 30 lainnya luka-luka, sementara satu orang meninggal setelah empat tahun menderita luka parah akibat serangan tersebut.

Turki telah menuntut permintaan resmi dari “Israel”, menuntut kompensasi untuk keluarga korban yang tewas dalam serangan serangan, serta menuntut penghapusan blokade “Israel” di Gaza pasca serangan tersebut.

Pada tahun 2014, Perdana Menteri “Israel” Benjamin Netanyahu akhirnya meminta maaf kepada Perdana Menteri Turki, yang sekarang telah menjadi Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, atas serangan itu.

Dalam bebarapa bulan terakhir, kedua negara tersebut telah terlibat dalam pembicaraan yang bertujuan menormalisasi hubungan kedua negara, lansir kantor berita Anadolu (27/6/2016). (fath/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...