Berita Dunia Islam Terdepan

Anti Brexit, warga Inggris cari Paspor Irlandia

2

LONDON (Arrahmah.com) – Warga Inggris yang tidak setuju dengan hasil referendum negaranya harus keluar dari Uni Eropa, mulai sibuk mencari cara agar dapat mempertahankan haknya di Uni Eropa, salah satunya dengan mencoba mendapatkan paspor Irlandia.

Pasca hasil referendum yang memastikan Inggris keluar dari Uni Eropa, mesin pencari Google mencatat banyak penggunanya mencari informasi dengan kata kunci ‘cara mencari paspor Irlandia’ dari pengguna internet di Inggris, sebagaimana dikutip dari CNN.com.

Hal tersebut dipicu rasa was-was warga Inggris yang takut tidak dapat bepergian lintas batas negara di Uni Eropa jika negaranya tidak lagi menjadi bagian dari aliansi ekonomi dan politik tersebut.

Kesepatan negara-negara Uni Eropa menyebutkan bahwa negaranya bebas untuk keluar masuk ke negara lain dalam kawasan tersebut. Namun, dengan adanya referendum Brexit atau Britain Exit, membuat warga Inggris tidak lagi memiliki hak untuk melintasi batas negara Uni Eropa dengan bebas.

Paspor Irlandia menjadi pilihan utama warga Inggris untuk didapatkan, karena negara tetangga tersebut tidak terlalu ketat memberlakukan syarat bagi warga negara lain untuk dapat memperoleh paspor negaranya. Irlandia hanya mensyaratkan warga Inggris yang orang tua atau kakek-neneknya berasal dari Irlandia, bisa memegang paspor negara tersebut. (fath/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...