Berita Dunia Islam Terdepan

Turki dan Qatar luncurkan kampanye bantuan bersama di Somalia

4

SOMALIA (Arrahmah.com) – Turki dan Qatar telah meluncurkan kampanye bantuan bersama bagi warga Somalia di provinsi Hiran yang telah menghadapi banjir dan pertempuran, lansir WB pada Kamis (23/6/2016).

Duta Besar Turki untuk Somalia Olgan Bekar mengatakan pada peluncuran kampanye hari Rabu kemarin bahwa kampanye kemanusiaan ini bertujuan untuk meringankan penderitaan masyarakat yang telah menyaksikan pertempuran suku dan banjir berat di Beledweyne, ibukota Hiran.

Hasan bin Hamza Asad Mohamed, duta Qatar untuk Somalia, mengatakan $ 2.75 juta telah dikumpulkan untuk membantu penduduk Beledweyne selama satu tahun.

Bulan Sabit Merah Turki dan badan amal Qatar akan melakukan dan membiayai usaha yang akan memberikan kebutuhan pokok seperti susu, gula, beras dan zaitun untuk sekitar 3.000 penduduk setempat.

Pemerintah Somalia dan pihak berwenang di Beledweyne telah mendesak organisasi amal internasional untuk memberikan bantuan kemanusiaan segera.

Gubernur Yusuf Ahmed Hagar Dabageed dari wilayah Hiran mengucapkan terima kasih kepada Turki dan Qatar atas bantuan tersebut tapi juga menekankan kebutuhan mendesak untuk persediaan medis dalam membantu mengatasi epidemi setelah kekurangan air.

Bulan lalu, Turki mengirim 11.000 ton bantuan ke Somalia, yang menjadi lebih stabil di tengah kondisi sebagian besar lainnya yang masih terbelakang dan menghadapi kekerasan yang sedang berlangsung.

Sejak 2011, Turki telah membuat upaya terkonsentrasi untuk menyediakan kebutuhan dasar, termasuk keamanan, pendidikan, kesehatan, peningkatan kapasitas kelembagaan, gedung lembaga negara, jalan, pelabuhan, bandara, perikanan dan energi.

Lebih dari 40 persen penduduk Somalia masih membutuhkan bantuan kemanusiaan, menurut presiden Turki.

Diperkirakan 857.000 warga Somalia saat ini “dalam krisis dan kondisi darurat”, sementara hampir 2 juta menderita kekurangan pangan.

Sekitar 1 juta lebih pengungsi berada di negara tetangga, menurut PBB.

(banan/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...