Berita Dunia Islam Terdepan

Rangkaian Operasi Mujahidin IIA: Serangan bom Mujahidin hancurkan sejumlah kendaraan musuh

afghanistan
10

AFGHANISTAN (Arrahmah.com) – Rabu (8/6/2016), sebuah kendaraan militer milik musuh hancur dihantam IED Mujahidin Imarah Islam Afghanistan (IIA) di daerah Zarhtap, distrik Nawa, provinsi Helmand, menewaskan dan melukai sejumlah tentara di dalamnya.

Masih di provinsi Helmand, pejabat Mujahidin IIA mengatakan bahwa seorang Mujahid menerobos ke dalam pos keamanan pasukan rezim di daerah Mamor Api, distrik Babaji, dan menembaki tentara rezim yang berada di dalam pos. Akibatnya, 9 tentara rezim termasuk komandannya tewas dan 6 lainya terluka. Setelah menyelesaikan misinya, Mujahid itu gugur dalam baku tembak, semoga Allah menerimanya.

Laporan berbeda dari provinsi Uruzgan, dikatakan bahwa seorang polisi bernama Esmatullah bin Khudaidad bergabung dengan Mujahidin IIA di daerah Ghamli Killi, distrik Khas Uruzgan. Ia menyesali kesalahannya bergabung dalam jajaran musuh dan menyerahkan sebuah senapan kepada Mujahidin.

Pada Selasa (7/6), sebuah APC milik pasukan rezim hancur berkeping-keping pada pukul sekitar 9:00 waktu setmpat di dekat Kanduk, distrik Khan-e-Sheen, akibat ledakan IED. Bom itu menewaskan atau melukai tentara yang ada di dalamnya.

Laporan datang dari distrik Marjah, provinsi Helmand, menyatakan bahwa Mujahidin menyerang konvoi pasukan rezim di jalan Laskhar Gah antara daerah Loye Charrahi dan Drab Charrahi pada Rabu (8/6) malam. Serangan tersebut menghancurkan 2 tank baja dan menewaskan serta melukai tentara di dalamnya.

Pada hari yang sama pukul sekitar 15:00 waktu lokal, sebuah APC tentara rezim hancur oleh bom pinggir jalan di dekat daerah Zartali, distrik Dehrawod, provinsi Uruzgan, menewaskan dan melukai 5 tentara di tempat.

Di distrik Nawa, provinsi Helmand, dilaporkan bahwa sebuah tank baja pasukan musuh hancur oleh serangan bom di daerah Haji Haider pada Rabu (8/6) malam.

Dalam serangan terpisah, sebuah pangkalan musuh di daerah Khusdeer, distrik Chora, provinsi Uruzgan, diserang Mujahidin pada Rabu. Menyebabkan jatuhnya korban yang belum diketahui jumlahnya.

Di provinsi Nimroz, pasukan rezim meninggalkan 2 pos keamanan mereka yang terletak di daerah Shishawai, distrik Khashrod, pada Rabu malam yang diindikasi karena takut oleh serangan Mujahidin. Dengan dikosongkannya 2 pos tersebut, Mujahidin berhasil menguasai sebuah daerah besar.

Mujahidin IIA juga menyerang pos keamanan di selatan provinsi Helmand, tepatnya di daerah Hafthad Wali, distrik Marjah, dengan serangan mortir pada Kamis (9/6), meninggalkan sebuah kendaraan musuh hancur.

Sedikitnya tiga tentara rezim Afghan tewas dan 2 lainya terluka parah di daerah Jokhtarani Killi, distrik Qalat, provinsi Zabul, setelah truk mereka diserang bom pinggir jalan. Serangan Mujahidin juga menghantam pasukan rezim di daerah yang sama, mengakibatkan 2 tentara rezim terluka, demikian Al-Emarah News melaporkan pada Kamis (9/6). Allahu Akbar!

(siraaj/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...