Berita Dunia Islam Terdepan

Sepanjang Mei, 996 bom barel dijatuhkan dari helikopter rezim Asad

Anak Suriah yang menjadi korban serangan bom barel oleh rezim Asad. (Foto: ElDorar AlShamia)
2

SURIAH (Arrahmah.com) – Jaringan Suriah untuk Hak Asasi Manusia (SNHR) mendokumentasikan serangan bom barel yang dilancarkan oleh pasukan rezim Nushairiyah pimpinan Bashar Asad di seluruh wilayah Suriah selama bulan Mei 2016.

Kelompok pemantau tersebut mengatakan dalam sebuah laporan yang dirilis pada Rabu (8/6/2016) bahwa 996 bom barel dijatuhkan dari helikopter rezim Asad. 974 bom barel dijatuhkan di daerah yang dikendalikan oleh faksi-faksi pejuang Suriah sedangkan sisanya dijatuhkan di wilayah yang dikendalikan oleh ISIS, lansir ElDorar AlShamia.

Laporan menekankan bahwa jumlah terbesar dari bom barel dijatuhkan di provinsi Aleppo, Damaskus dan Daraa dan merenggut nyawa sedikitnya 57 warga sipil termasuk 18 anak dan 10 wanita.

Bom barel adalah senjata ide Uni Soviet, namun senjata yang tidak biasa itu telah digunakan oleh rezim Asad sejak Agustus 2012. Dengan biaya yang murah, rezim Asad menggunakan senjata mematikan dan merusak yang dilarang dalam hukum internasional. (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...