Tolak pengungsi, Norwegia imingi uang setara Rp16 juta

Pengungsi (Foto: BBC)
4

OSLO (Arrahmah.com) – Pemerintah Norwegia menawarkan uang sebesar 10.000 kroner atau lebih dari Rp16 juta bagi para pengungsi yang sukarela meninggalkan negara itu.

Direktorat Imigrasi Norwegia, UDI, mengatakan keputusan ini adalah cara yang lebih murah dibandingkan menampung para pengungsi di negara itu. Norwegia mengharapkan cara ini dapat mengurangi jumlah penungsi dan memangkas pengeluaran negara, lansir The Independent (27/4/2016).

Tawaran tersebut hanya berlaku selama sepekan. Pengungsi yang mendapat uang ini adalah mereka yang tiba di Norwegia sebelum 1 April tahun ini dan hanya berlaku bagi 500 pengungsi pertama yang menyatakan hengkang dari negara itu.

Bonus 10.000 kroner ini akan dibayarkan dengan tambahan 20.000 kroner (Rp32juta) yang sebelumnya telah ditawarkan lebih dulu kepada pengungsi yang memilih pergi.

Ada sekitar 31.000 orang yang telah mengajukan suaka di Norwegia tahun lalu, sebanyak 7.825 di antaranya ditolak. Sepertiga dari jumlah pengungsi berasal dari Suriah. Pemerintah Norwegia sepakat untuk menerima 1.000 pengungsi dari Suriah sebagai bagian dari kesepakatan Uni Eropa. (fath/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.