Tagihan air dan listrik naik, Raja Salman pecat menterinya

Khadimul Haramain, Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al Saud. (Foto: Internet)
11

RIYADH (Arrahmah.com) – Raja Salman memecat Menteri Air dan Listrik Arab Saudi, Abdullah Al-Hussayen, di tengah kemarahan rakyat karena meningkatnya harga kebutuhan dasar tersebut.

Keputusan tersebut tertuang dalam dekrit yang dirilis oleh Salman pada Sabtu (23/4). Surat tersebut berisi perintah pelengseran Hussayen dengan jabatan yang diambil alih sementara oleh Menteri Agrikultur, Abdel Rahman Al-Fadli, lansir AFP.

Pemecatan ini dilakukan setelah pemerintah memutuskan untuk memangkas subsidi listrik, air, dan kebutuhan lain. Pemotongan subsidi itu membuat geram masyarakat yang sudah terbebani dengan tagihan kebutuhan sehari-hari.

Pada Maret lalu, Hussayen sebenarnya telah meminta agar masyarakat dapat diberikan izin untuk menggali sendiri sumur mereka karena tingginya tagihan yang harus dibayar. Namun Dewan Syura tak yakin dengan ide penanggulangan masalah listrik dan air tersebut.

Sejak Desember, Saudi sudah melakukan beberapa revisi kebijakan di tengah anjloknya harga minyak, salah satu sumber pendapatan terbesar Saudi.

Salman diperkirakan akan mengumumkan program diversifikasi ekonomi untuk mengatasi masalah dalam negara yang sangat tergantung dengan minyak tersebut. (fath/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.