Roket dari Suriah hantam perumahan di Turki, 26 terluka

Foto: (AFP)
34

ANKARA (Arrahmah.com) – Tiga roket ditembakkan ke Turki dari daerah yang dikendalikan ISIS di Suriah, menghantam kota perbatasan Kilis, Ahad (24/4/2016), menyebabkan satu orang tewas dan 26 lainnya terluka, kata laporan media, lansir Al Arabiya.

Satu orang tewas dan 10 lainnya terluka ketika roket ketiga menghantam Kilis, Hurriyet Daily News melaporkan.

Kilis, di seberang perbatasan dari daerah yang dikendalikan ISIS, telah berulang kali dihantam serangan serangan roket dalam beberapa pekan terakhir

Salah satu roket menghantam atap rumah di lingkungan Okcular, sementara roket yang lain menghantam halaman belakang. Enam dari mereka yang terluka adalah orang Suriah.

Warga yang berujuk rasa di kantor gubernur di Kilis dibubarkan oleh polisi. Pawai dan unjuk rasa telah dilarang selama satu bulan oleh pejabat kota.

Dalam beberapa minggu terakhir, ISIS telah berulang kali menembakkan roket ke kota di bagian tenggara Turki itu, yang merupakan satu-satunya tempat di Turki di mana ppenghuninya lebih banyak pengungsi Suriah ketimbang pendudukan Turki lokal.

Pada Senin sebelumnya, sebuah serangan menyebabkan lima warga Suriah tewas, termasuk empat anak, ketika roket menghantam rumah mereka.

Turki telah menanggapi setiap serangan ke Kilis dengan menghancurkan posisi peluncuran roket ISIS dengan serangan meriam.

Para pejabat Turki telah berulang kali memuji keramahan orang di Kilis terhadap para pengungsi Suriah sebagai contoh bagaimana warga Turki menjadi tuan rumah bagi 2,7 juta warga Suriah yang melarikan diri dari perang di negara mereka.

Pada Sabtu (23/4), setelah kunjungan ke daerah itu dengan pejabat Uni Eropa, Perdana Menteri Ahmet Davutoglu menegaskan sekali lagi bahwa “Turki akan merespon dengan kekuatan” untuk setiap serangan ke wilayahnya.

(ameera/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.