Militer Yaman luncurkan ofensif terhadap Mujahidin AQAP

Pasukan Yaman. (Foto: Internet)
15

HADRAMAUT (Arrahmah.com) – Tentara Yaman melancarkan serangan terhadap Mujahidin Al-Qaeda Semenanjung Arab (AQAP) di provinsi Hadramaut, Yaman selatan pada Ahad (24/4/2016), menurut sumber-sumber militer.

Operasi tersebut merupakan upaya untuk merebut kota Mukalla yang saat ini dikendalikan oleh Mujahidin AQAP, menurut sumber yang berbicara kepada kantor berita Anadolu yang tidak ingin disebutkan namanya.

Dalam beberapa bulan terakhir, AQAP telah meningkatkan pengaruhnya di selatan negara itu.

Operasi militer Yaman terhadap Al-Qaeda didukung dengan serangan udara oleh pasukan koalisi pimpinan Saudi.

Pasukan koalisi dilaporkan melakukan serangan udara di Mukalla pada Ahad (24/4) dan membunuh sedikitnya 10 orang yang diklaim sebagai pejuang Al-Qaeda, seperti dilaporkan Reuters.

Penduduk mengatakan serangan udara menghantam sebuah bangunan yang digunakan oleh AQAP sebagai kantor pusat serta tempat-tempat pertemuan AQAP di daerah lainnya di Mukalla.

Operasi terhadap AQAP datang saat pemerintah boneka Yaman yang dipimpin oleh Abd-Rabbu Mansour Hadi yang didukung oleh negara-negara Barat dan Arab, tengah melakukan pertemuan dengan milisi Syiah Houtsi yang didukung Iran di Kuwait untuk melakukan kesepakatan damai dan menghentikan konflik yang telah menewaskan lebih dari 6.200 orang sepanjang satu tahun terakhir. (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.