Hentikan gelombang pengungsi, Republik Ceko akan kirim 30 petugas kepolisian ke Yunani

Foto: REUTERS / Alkis Konstantinidis
9

PRAHA (Arrahmah.com) – Republik Ceko akan mengirim 30 petugas polisi ke Yunani untuk membendung aliran migran dan mengirim pengungsi ke Turki, Presiden Polisi Republik Ceko Tomas Tuhy mengatakan pada Ahad sebagaimana dilansir Sputnik News (24/4/2016).

“Mengawal para pengungsi dari Yunani ke Turki akan menjadi tugas polisi Ceko,” Tuhy menyatakan, seperti dikutip stasiun TV Ceko.

Polisi dari Slovakia, Austria, dan Jerman telah mengambil bagian dalam kegiatan ini. Sebelumnya, 11 polisi Ceko telah tiba di negara Yunani dan sekarang ikut berpartisipasi dalam mengontrol dan mendaftarkan migran yang diklaim tidak berdokumen.

Tuhy menambahkan, sebanyak 300 personel polisi telah disiapkan untuk misi tersebut dan siap berpartisipasi kapan saja dibutuhkan.

Pada pertengahan Maret, Uni Eropa dan Turki menyetujui kesepakatan di mana Turki berjanji untuk mengambil kembali semua migran yang diklaim tidak berdokumen yang tiba di Uni Eropa melalui wilayahnya.

Sebagai imbalannya, blok tersebut berjanji untuk menyediakan total 3 miliar euro atau seteara dengan 3,4 miliar dollar ke Turki untuk membantun menangani pengungsi. (fath/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.