Ditemukan 1.250 PNS fiktif pada masa kepemimpinan Ahok

Basuki alias Zhong Wan Xie, alias Ahok
4

JAKARTA (Arrahmah.com) – Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengungkap data temuan terbanyak tentang pegawai negeri sipil (PNS) fiktif adalah DKI Jakarta karena jumlahnya mencapai ribuan.

“Hanya DKI Jakarta yang mencapai ribuan, yaitu 1.250 orang,” sebut Kepala BKN Bima Haria Wibisana, dikutip dari JPNN.

Sedangkan pemerintah daerah lainnya yang juga ditemukan PNS fiktif cukup banyak adalah Jawa Tengah, Jawa Barat dan JAwa Timur. Jumlahnya tak sampai ribuan.

Namun, kata Bima, di kabupaten/kota di tiga provinsi di Pulau Jawa itu juga ada PNS fiktif. “Masing-masing kabupaten/kota ada sekitar 200 orang pegawai tidak jelas,” sebutnya

BKN membeber data tentang 57.724 pegawai negeri sipil (PNS) misterius yang diduga fiktif.

Menurut Kepala BKN Bima Haria Wibisana, temuan hasil Pendaftaran Ulang Pegawai Negeri Sipil melalui sistem online atau e-PUPNS itu mencakup seluruh instansi pemerintah pusat dan daerah.

“Ini 57.724 PNS misterius ada di seluruh instansi pusat dan daerah. Biasanya yang PNS-nya banyak, yang misteriusnya juga banyak,” kata Bima, lansir JPNN Jumat (22/4/2016).

Ia lantas memerinci data tentang PNS fiktif di intansi pemerintah pusat. Temuan paling banyak ada di Kementerian Agama. Jumlahnya mencapai 7000 PNS.

Selanjutnya Kemendikbud (2700 orang), Kementerian Pertahanan (2000-an orang), BPN (1.800 orang). “Kementerian Keuangan 1.700-an orang,” sebutnya.

Sedangkan instansi pemerintah daerah dengan temuan terbanyak tentang PNS fiktif adalah DKI Jakarta karena jumlahnya mencapai ribuan.

(azm/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.