Berita Dunia Islam Terdepan

Bom meledak di pinggir jalan di Turki, tiga tentara tewas

Milisi PKK Kurdi
4

ANKARA (Arrahmah.com) – Tiga tentara Turki tewas dan lainnya luka-luka pada Jum’at (22/4/2016) oleh bom yang meledak pinggir jalan di wilayah Kurdi, bagian tenggara Turki, ungkap sumber-sumber medis dan militer kepada AFP.

Ledakan itu disebabkan oleh bom buatan yang dipasang di sisi jalan antara Tunceli dan Elazig di wilayah yang terperangkap dalam peretempuran antara tentara Turki dan milisi dari Partai Pekerja Kurdistan (PKK) yang dilarang di Turki,

Serangan itu memicu respon cepat dari tentara Turki, dimana helikopter kemudian menjatuhkan bom di jalur pelarian milisi PKK di wilayah tersebut, seorang wartawan AFP di tempat kejadian melaporkan, sebagaimana dilansir Middle East Online.

Pasukan keamanan memblokir jalan untuk lalu lintas.

Bentrokan sengit antara negara Turki dan PKK kembali meletus pada akhir Juli, setelah gagalnya gencatan senjata dua tahun yang diharapkan bisa mengakhiri pemberontakan yang berlangsung selama tiga dekade yang telah merenggut puluhan ribu nyawa.

PKK mengangkat senjata pada 1984 dengan tujuan untuk mendirikan sebuah negara merdeka bagi minoritas Kurdi di Turki, meskipun dalam beberapa tahun terakhir tuntutannya telah difokuskan pada otonomi yang lebih besar dan hak budaya.

(ameera/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...