Konvoy bantuan mencapai kota Rastan di provinsi Homs, Suriah

Konvoy bantuan menuju Rastan yang terkepung. (Foto: Zaman Alwasl)
13

RASTAN (Arrahmah.com) – Konvoy bantuan besar sejauh ini telah mencapai kota yang terkepung yang dikuasai oleh pejuangSuriah di provinsi Homs.

Enam puluh lima truk mengantarkan makanan dan obat-obatan untuk sekitar 12.000 warga sipil di dan sekitar Rastan, lansir Zaman Alwasl pada Kamis (21/4/2016).

Konvoy Komite Palang Merah Internasional (ICRC) adalah yang pertama mencapai Rastan sejak 2012.

Pada Rabu (20/4), ratusan warga yang sakit dan terluka telah dievakuasi dari empat kota yang dikuasai oleh pejuang Suriah dan rezim Asad sebagai bagian dari kesepakatan yang diawasi oleh Bulan Sabit Merah Suriah.

Namun, operasi bantuan tersebut telah terancam karena meningkatnya pertempuran di barat laut, khususnya di sekitar Aleppo.

Juru bicara ICRC Pawel Krzysiek mengatakan konvoy ke Rastan membawa paket makanan, tepung terigu dan produk bernutrisi lainnya, serta obat-obatan dan peralatan untuk meningkatkan pasokan air.

“Kami berharap bahwa ini adalah salah satu dari banyak konvoy kemanusiaan yang masih akan datang, tidak hanya untuk Rastan tapi ke tempat-tempat yang terkepung lainnya di Suriah,” ujarnya dalam sebuah video yang diposting di Twitter saat konvoy tiba.

Krzysiek mengatakan ICRC dan Bulan Sabit Merah berencana untuk menilai air dan infrastruktur lembah di Rastan, serta nutrisi dan kebutuhan penduduk lainnya, yang saat ini populasinya meningkat dua kali lipat karena masuknya para pengungsi yang melarikan diri dari pertempuran. (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.