Ratusan orang dievakuasi dari Madaya dan Fu'a

Sebanyak 8 truk tiba ke pedesaan Idlib untuk mengangkut 250 orang keluar dari dua kota itu dan menuju ke Damaskus dan Latakia. (Foto: Orient Net).
11

DAMASKUS (Arrahmah.com) – Dalam waktu 24 jam, sebanyak 250 warga sipil dijadwalkan akan dievakuasi dari kota Madaya dan Zabadani yang terkepung di pedesaan Damaskus untuk ditukarkan dengan sebanyak 250 warga sipil dari kota-kota al-Fu’a dan Kefraya di pedesaan Idlib di bawah pengawasan PBB dan Suriah Bulan Sabit Merah.

Koresponden Orient Net menyatakan bahwa sebuah komite Bulan Sabit Suriah memasuki kota Fu’a dan Kefraya pada Rabu (20/4/2016) pagi dengan maksud untuk memastikan nama-nama yang termasuk dalam kesepakatan pertukaran tersebut.

Sebanyak 8 truk tiba ke pedesaan Idlib untuk mengangkut 250 orang keluar dari dua kota itu dan menuju ke Damaskus dan Latakia.

Selain itu, sebanyak 243 orang yang terluka sedang bersiap untuk dievakuasi dari kota Madaya dan kota Zabadani bersama dengan kerabat mereka. Sebagian dari mereka akan dibawa ke ibukota Damaskus sedangkan sisanya akan dibawa ke pedesaan Idlib.

Proses ini datang sesuai dengan kesepakatan antara Fu’a- Zabadani antara perwakilan kelompok oposisi dan perwakilan milisi Iran.

Kesepakatan ini seharusnya telah dilaksanakan beberapa hari yang lalu, tapi perselisihan terjadi antara orang-orang dari Fu’a dan Kefraya mengenai nama-nama orang yang akan diangkut sehingga kesepakatan pertukaran tersebut tertunda.

(ameera/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.