Puluhan orang tewas dalam pertempuran di provinsi Salahudin

Pertempuran di Salahudin (Foto: Aljazeera)
14

SALAHUDIN (Arrahmah.com) – Puluhan orang tewas dalam pemboman dan pertempuran di provinsi Salahuddin, Irak, oleh pasukan khusus AS dan pasukan Kurdi yang mengklaim melancarkan operasi militer untuk memerangi “terorisme” menggunakan helikopter.

Sebuah sumber keamanan Irak mengatakan 22 orang tewas dan sekitar dua puluh lainnya luka-luka dalam serangan udara yang menargetkan rumah bertingkat di daerah Sharqat Utara provinsi Salahuddin, lansir Al Jazeera (18/4/2016)

Sumber menambahkan bahwa serangan itu terjadi di desa Matibijah.

Tidak disebutkan identitas para korban, apakah warga sipil atau bukan.

Sementara itu, saksi dan sumber keamanan Kurdi mengatakan bahwa pasukan koalisi pimpinan AS telah mendarat dengan helikopter di utara Mosul dan mengklaim telah menangkap setidaknya satu pejuang Daulah Islam atau yang dikenal dengan ISIS dalam peristiwa terpisah pada Ahad (17/4).

Otoritas Irak mengatakan mereka akan mendapatkan kembali kontrol dari Mosul tahun ini. Serangan militer dimulai bulan lalu di selatan kota tapi berhenti sampai kedatangan pasukan lebih banyak untuk menjaga wilayah.

Amerika Serikat mengumumkan pada Desember akan mengerahkan kekuatan baru untuk operasi khusus di Irak , untuk melaksanakan razia terhadap ISIS di Irak dan Suriah.

(maheera/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.