Berita Dunia Islam Terdepan

Korsel: Korut siapkan uji coba nuklir baru

Foto: Internet
11

SEOUL (Arrahmah.com) – Presiden Korea Selatan Park Geun-hye, mengungkapkan bahwa Korea Selatan telah mencium tanda-tanda Korea Utara tengah mempersiapkan uji coba nuklir kelima.

Ia tidak merinci tanda-tanda apa yang menunjukkan adanya uji coba nuklir, namun ia telah memerintahkan militer Korea Selatn untuk bersiap, lansir kantor berita Yonhap.

Peringatan ini muncul setelah adanya berbagai laporan di media lokal tentang peningkatan aktivitas di lokasi uji coba nuklir di Punggye-ri, tempat uji coba nuklir dilakukan sebelumnya.

“Kita berada dalam sebuah situasi, di mana kami tidak tahu apakah Korea Utara menggelar provokasi sebagai langkah untuk mengatasi pengucilan negeri itu di masyarakat internasional atau untuk mengkonsolidasikan persatuan dalam negeri,” kata presiden Park Geun-hye seperti diungkapkan penasihat utamanya, lapor kantor berita Yonhap.

Pada Januari, Korea Utara melakukan uji coba nuklir keempat, disusul sebuah peluncuran roket sebulan kemudian, yang meningkatkan ketegangan di semenanjung itu.

Para pengamat sudah mengatakan uji coba lainnya mungkin akan mereka lakukan menjelang kongres Partai Pekerja di Pyongyang pada bulan Mei.

Para ahli meyakini Korea Utara tidak memiliki teknologi untuk peluru kendali nuklir antarbenua – meskipun negara itu telah mencapai kemajuan pada program senjata nuklirnya dalam beberapa tahun terakhir. (fath/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...