Menteri Luar Negeri Polanda: Rusia lebih berbahaya dari ISIS

Menteri Luar Negeri Plandia. (Foto: Internet)
10

BRATISLAVA (Arrahmah.com) – Rusia lebih berbahaya daripada ISIS, ujar Menteri Luar Negeri Polandia Witold Waszczykowski mengatakan kepada para wartawan pada Jum’at (15/4/2016) selama kunjungan ke Slowakia.

“Dengan semua bukti, aktivitas Rusia adalah semacam ancaman eksistensial karena kegiatan ini bisa menghancurkan negara,” ujar Witold Waszczykowski yang berbicara dalam perdebatan tentang masa depan NATO di forum keamanan tahunan Globsec di Bratislava, lansir WB pada Sabtu (16/4).

“Kami juga memiliki ancaman non-eksistensial seperti terorisme, seperti gelombang besar migran,” tambahnya, menurut laporan kantor berita Polandia PAP.

Waszczykowski juga menyerukan NATO untuk menyetujui pengerahan pasukan di perbatasan timur aliansi pada Juli mendatang selama puncak pertemuan di Warsawa.

“Ini akan menjadi simbol dari tekad untuk mempertahankan sisi timur. Kita bisa mendiskusikan skala penyebaran ini,” katanya.

Sementara itu, Menteri Pertahanan Republik Ceko, Martin Stropnicky mengatakan dalam konferensi tersebut bahwa Rusia secara aktif “menguji kemampuan pertahanan NATO di wilayah Baltik”, di mana sejumlah negara telah berada di bawah tekanan.

Rusia akan menggunakan pembicaraan dengan NATO pekan depan untuk memprotes aliansi atas peningkatan militer aliansi di negara-negara Baltik, ujar Dubes Moskow untuk Brussels dan menambahkan bahwa aliansi menggunakan krisis Ukraina sebagai dalih.

Rusia dan duta NATO akan bertemu di Brussels pada 20 April mendatang untuk pembicaraan resmi pertama mereka dalam hampir dua tahun terakhir untuk membahas masalah keamanan termasuk krisis Ukraina. (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.