Berita Dunia Islam Terdepan

Jenderal Iran diduga telah kunjungi Moskow untuk membahas permasalahan militer

Komandan Garda Revolusi Iran, Qassem Soleimani (Kiri) berdiri di garis depan selama pertempuran di kota Tal Ksaiba di provinsi Salahuddin, Suriah pada 8 Maret 2015. (Foto: Reuters)
3

MOSKOW(Arrahmah.com) – Mayor Jenderal Iran, Qassem Soleimani diduga telah terbang ke Moskow pada Jum’at (15/4/2016) untuk melakukan pembicaraan dengan para pemimpin politik dan militer Rusia, menurut tiga sumber Reuters yang mengklaim mengetahui perjalanannya.

“Jenderal Soleimani melakukan perjalanan ke Moskow malam lalu untuk membahas isu-isu termasuk pengiriman S-300 dan kerjasama militer lebih lajut,” ujar seorang pejabat senior keamanan Iran mengatakan kepada Reuters, mengacu pada sebuah sistem pertahanan udara yang dipasok Rusia ke Iran.

Seorang diplomat Barat yang berada di Moskow juga mengatakan dia mengetahui Soleimani akan bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin dan Menteri Pertahanan Sergei Shoigu. Seorang juru bicara Kremlin mengatakan pertemuan dengan Soleimani tidak ada dalam jadwal Putin.

Soleimani, komandan operasi asing untuk elit Garda Revolusi Iran terbang ke Moskow pada Juli tahun lalu untuk membantu Rusia merencanakan intervensi militer di Suriah dan membentuk sebuah aliansi Iran-Rusia untuk mendukung rezim Nushairiyah pimpinan Bashar Asad.

Dia telah dikenakan larangan perjalanan internasional dan asetnya dibekukan oleh Dewan Keamanan PBB sejak 2007. Washington menunjuk Pasukan Quds, sebuah unit Garda Revolusi Iran yang dipimpin Soleimani, sebagai pendukung terorisme di tahun yang sama.

Negara anggota PBB seperti Rusia diwajibkan untuk menolak masuk individu yang berada dalam daftar hitam dan pejabat senior AS menyatakan “keprihatinan serius” pada tahun lalu ketika pertama kali dilaporkan bahwa Soleimani telah mengunjungi Moskow. (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...