Delegasi Houtsi tiba di Riyadh untuk melakukan perundingan

Ketika pembicaraan damai sebelumnya untuk masalah Yaman yang ditengahi PBB telah gagal, pembicaraan awal kali ini antara Houtsi dan pejabat Saudi dinilai berlangsung positif. (AFP / File).
9

SANAA (Arrahmah.com)AFP melaporkan bahwa delegasi milisi Syiah Houtsi di Yaman telah tiba di Riyadh untuk melakukan perundingan sebelum gencatan senjata yang rencananya akan dimulai.

“Delegasi Houtsi berada di Arab Saudi dan diskusi sedang berlangsung. Saya yakin kita telah membuat kemajuan yang baik,” kata Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel al-Jubeir kepada wartawan AFP, Senin (4/4/2016), sebagaimana dilansir Al Bawaba.

“Pembicaraan dengan mereka sedang berlangsung dengan tujuan menemukan solusi politik untuk krisis Yaman,” lanjut Jubeir.

Arab Saudi memimpin sebuah koalisi Arab yang mendukung Presiden Yaman yang diperangi, Abd Rabbuh Mansur Al-Hadi. Koalisi itu telah mengebom kelompok Syiah Houtsi selama lebih dari setahun.

Dua upaya gencatan senjata sebelumnya yang mengarah ke pembicaraan damai yang ditengahi oleh PBB telah dilanggar oleh kedua belah pihak. Namun, menurut AFP, laporan awal dari rangkaian perundingan kali ini adalah positif.

“Ada kemajuan yang signifikan dalam negosiasi kali ini, dan kami memiliki kontak yang baik dengan Houtsi, dengan para delegasi yang saat ini berada di Riyadh. Kami percaya bahwa kami lebih dekat menuju solusi politik di Yaman daripada sebelumnya,” kata Deputi Putra Mahkota Saudi Muhammad bin Salman.

Gencatan senjata yang didukung PBB akan secara resmi dimulai pada 10 April, dengan perundingan damai dimulai pada 18 April di Kuwait.

(ameera/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.