Yunani mulai kirimkan kembali ratusan migran ke Turki

Migran di Yunani protes kesepakatan Uni Eropa untuk mengembalikan mereka ke Turki. (Foto: AFP)
10

ATHENA (Arrahmah.com) – Yunani mulai memulangkan migran ke Turki pada Senin dari Pulau Lesobos Yunani, sesuai kesepakatan Uni Eropa.

Kesepakatan tersebut diklaim untuk menindaklanjuti pergerakan manusia yang tidak terkontrol ke Eropa Barat, dimana banyak dari mereka mengambil jalur laut yang berbahaya dengan menyeberangi laut Aegea.

Pejabat Turki mengatakan mereka memperkirakan akan menerima 500 orang dan akan ditempatkan di Dikili, bagian barat Turki, lansir BBC (4/4/2016).

Namun, migran di Yunani mengeluhkan tentang minimnya informasi mengenai prosedur pencari suaka dan beberapa orang bahkan tidak mengetahui bahwa mereka akan dikembalikan ke Turki.

Kelompok HAM Amnesti Intarnasional menuding Turki secara ilegal mengembalikan para pengungsi Suriah ke negara mereka secara ilegal, namun Turki menyangkalnya.

Sementara, Save the Children mengungkapkan bahwa kesepakatan itu adalah ilegal dan tidak manusiawi, dan kepada lembaga itu sejumlah migran mengatakan akan bunuh diri jika mereka dikembalikan ke Turki. (fath/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.