Berita Dunia Islam Terdepan

Islamofobia, satu keluarga Muslim diusir dari dalam pesawat

Ilustrasi (Foto: Justin Sullivan / Getty Images)
3

CHICAGO (Arrahmah.com) – Islamofobia kembali terjadi, satu keluarga Muslim diusir dalam penerbangan maskapai United Airlines di Bandara Internasional O’Hare Chicago Maret lalu.

Eaman-Amy Saad Shebley menunggah rekaman pengusiran mereka di Facebook. Dalam video tersebut, pramugari dan pilot meminta mereka keluar dari pesawat setelah bertanya soal sabuk pengaman tambahan untuk kursi anak.

Pihak maskapai mengklaim keluarga Shebley diminta keluar karena masalah kursi tambahan yang tidak sesuai dengan standar keamanan pesawat.

Namun penjelasan tersebut tidak diperoleh oleh keluarga Shebley di dalam pesawat. Dalam video, wanita berkerudung yang pergi bersama suami dan tiga anaknya tidak diberitahu soal standar keamanan tersebut. Mereka hanya diminta keluar tanpa penjelasan.

Pilot menjawab “karena itu adalah keputusan saya,” ketika suami Shebley menanyakan alasan pengusiran mereka.

Shebley sempat bertanya, “Apakah ini keputusan yang diskriminatif? Apa alasannya?”. Namun, pilot itu hanya menjawab “karena masalah keamanan penerbangan.”

Ahmed Rehab dari Dewan Hubungan Islam-Amerika (CAIR), mengatakan keluarga Shebley menuntut permintaan maaf dari pihak United Airlines.

“Saya merasa dikucilkan, dipermalukan, dan tidak berdaya,” kata Shebley dalam pernyataannya yang dirilis CAIR.

Ia menambahkan, Shebley akhirnya mengambil penerbangan lain agar anak-anaknya tidak takut.

“Kami muak dengan pengusiran terhadap penumpang berparas Muslim dari penerbangan karena alasan yang tidak masuk akal, di bawah klaim ‘keamanan’,” kata Rehab, lansir CNN (3/4/2016). (fath/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...