Masya Allah, inilah 5 penemuan Muslim yang digunakan masyarakat modern

153

(Arrahmah.com) – Sejarah Islam penuh dengan pelopor dan penemuan yang mendarah daging dalam masyarakat modern. Inilah lima penemuan yang dilakukan oleh Muslim yang sangat berguna untuk masyarakat modern:

Perpustakaan Umum

Iklan

-

Selama dekade awal Islam, Masjid tidak hanya sebagai tempat sholat, namun berfungsi sebagai tempat menimba ilmu, juga perpustakaan tempat menyimpan kitab-kitab tentang agama dan ilmu pengetahuan. Perpustakaan tersebut terbuka untuk umum.

 

Alat Bedah

-

Qasim Al-Zahrawi menemukan alat-alat bedah yang kini banyak digunakan dalam kedokteran modern, termasuk pisau bedah, jarum bedah, dan gunting bedah. Ia juga menemukan catgut atau benang yang dapat digunakan untuk menjahit bagian internal yang dapat diserap tubuh.

 

Aljabar

Buku aljabar karya Al-Khawarizmi.
Buku aljabar karya Al-Khawarizmi.

Studi tentang aljabar berkembang selama zaman keemasan Islam oleh Muhammad bin Musa Al-Khawarizmi. Karya monumentalnya adalah Kitab Al-Mukhtasar fi hisab al-jabr wal muqabala. Dalam buku tersebut, Al-Khawirzmi menjelaskan bagaimana menggunakan persamaan aljabar dengan variabel yang tidak diketahui untuk memecahkan masalah seperti perhitungan dan pembagian warisan.

Buku Al-Khawarizmi diterjemahkan ke dalam bahasa latin di Eropa pada thaun 1000 dan 1100-an. Karya-karyanya digunakan sebagai buku pelajaran matematika di universitas-universitas Eropa selama ratusan tahun setelah kematiannya.

 

Kamera

Prinsip dasar kamera lubang jarum.
Prinsip dasar kamera lubang jarum.

Ibnu Haytham merupakan ilmuwan pertama yang menemukan bahwa ketika sebuah lubang kecil ditempatkan ke sisi kotak kedap cahaya, sinar cahaya dari luar diproyeksikan melalui lubang jarum tersebut ke dalam kotak dan ke dinding belakang itu. Semakin kecil lubang jarum (aperture), semakin tajam kualitas gambar. Ia memiliki kemampuan untuk membuat kamera yang sangat akurat dan tajam saat mengambil foto.

 

Kopi

-

Menurut catatan sejarah, pada tahun 1400-an kopi menjadi minuman yang sangat populer di kalangan Muslim di Yaman, di semenanjung Arab selatan. Masyarakat Muslim di Arab mengembangkan kopi pada abad ke-15 di Yaman. Dulu kopi diminum untuk menahan diri dari tidur sehingga bisa terjaga di malam hari untuk beribadah.

sumber: huffingtonpost.com, worldreligionnews.com, lostislamichistory.com

(fath/arrahmah.com)

Iklan

Baca artikel lainnya...
Komentar
Loading...

Rekomendasi untuk Anda

Berita Arrahmah Lainnya

Banner Donasi Arrahmah