Berhasil kuasai Ramadi, tentara Irak kini incar Mosul

Kehilangan Mosul merupakan kekalahan terbesar tentara Irak dan menjadi awal penyebaran ISIS tahun 2014. (Foto: Reuters)
31

IRAK (Arrahmah.com) – Setelah berhasil merebut Ramadi, tentara Irak kini mengincar Mosul dari tangan ISIS.

Perdana Menteri Irak Haider Al-Abadi mengatakan akan merebut Mosul dan akan menjadi serangan terakhir yang fatal bagi ISIS.

Kota Ramadi yang terletak di Provinsi Anbar jatuh ke tangan tentara Irak setelah melakukan pertempuran selama berbulan-bulan, lansir CNN Selasa (29/12/2015). Kemenangan tentara Irak di Ramadi merupakan yang pertama sejak mereka dikalahkan ISIS 18 bulan lalu.

Ramadi merupakan kota yang sangat penting bagi Irak. Jalan raya kota itu terhubung ke Yordania dan Suriah, dan Provinsi Anbar adalah jantung dari populasi Muslim di Irak.

Jenderal Yahya Rasoul, juru bicara militer Irak mengatakan pada Senin (28/12), bendera Irak telah berkibar di kompleks pemerintahan Ramadi.

Al-Abadi menyatakan bahwa tahun depan ISIS akan dikalahkan di Irak, dan tahun 2016 akan menjadi tahun kemenangan besar dan terakhir, dan ISIS akan dimusnahkan.

Mosul merupakan kota terpenting ISIS setelah Raqqa di Suriah. Kehilangan Mosul merupakan kekalahan terbesar Irak dan menjadi awal penyebaran ISIS pada tahun 2014. Setelah Mosul berhasil dikuasai, ISIS dengan cepat menguasi banyak kota lainnya di Irak.

(fath/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.