Berita Dunia Islam Terdepan

Musibah, mahasiswa UIN Yogyakarta ikuti misa Natal

Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta sedang mengikuti misa Natal di Gereja
10

YOGYAKARTA (Arrahmah.com) – Musibah besar terhadap Muslim yang memegang aqidah Islam. Diberitakan sebanyak 14 mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta, mengikuti misa Natal bersama dengan umat Kristiani di Gereja Kristen Jawa (GKJ) Margoyudan, Solo Kamis (24/12/2015) malam.Tampak beberapa mahasiswi yang ikut hadir terlihat mengenakan jilbab.

Sekretaris umum GKJ Margoyudan, Winantyo Atmojo DJ mengatakan, para mahasiswa itu binaan Pendeta Wahyu Nugroho. Wahyu yang juga Pendeta GKJ Margoyudan merupakan salah satu dosen di UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

“Kedatangan mereka ke sini atas keinginan sendiri. Mereka mahasiswa Pendeta pak Wahyu Nugroho di UIN. Beliau mengajar di sana. Beliau juga menyelesaikan kuliah S3 di sana,” kata Winantyo saat ditemui usai misa Natal, Jumat (25/12) siang, dikutip dari Merdeka.com.

Menurut Winantyo, saat mengikuti misa, para mahasiswa berbaur dengan jemaat lainnya. Mereka menempati deretan bangku kelima dari depan, dekat mimbar pendeta.

“Mereka mintanya berbaur dengan jemaat kami. Makanya kami tempatkan di tengah-tengah. Sambutan hangat dari jemaat membuat mereka nyaman,” ujar Winantyo.

Dosen UIN pendeta

Tidak cukup sampai di situ, ditengah proses ritual Kristen, pendeta Wahyu Nugroho yang memimpin acara melantunkan sholawat.

“Saya tidak menyangka pak pendeta bersholawat di depan ribuan jemaat di sini. Saya benar-benar terharu. Tangan saya sampai gemetar waktu merekam gambar momen itu. Baru kali pertama saya menyaksikan dan merasakan indahnya toleransi beragama,” ucap Taufik, mahasiswa UIN yang turut menghadiri acara itu, lansir Tribun.

Para mahasiswa ini mengaku kedatangannya untuk mengucapkan selamat Natal, apalagi sang pendeta adalah dosennya sendiri di kampusnya. Ya, di kampus Islam dan mengajarkan mata kuliah Islam, ternyata orang Kristen.

“Pak Wahyu adalah dosen kami di Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam. Beliau mengajar mata kuliah teks suci Al-Quran dan kitab agama lain. Kami ingin mengucapkan selamat Natal saja dengan datang ke sini,” ungkapnya. (azm/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...