Berita Dunia Islam Terdepan

Banjir melanda Amerika Utara, 150.000 orang terpaksa mengungsi

Banjir yang terjadi di timur laut Argentina. (Foto: Reuters)
1

AMERIKA UTARA (Arrahmah.com) – Banjir melanda empat negara di Amerika Utara yaitu, Paraguay, Argentina, Brazil, dan Uruguay. Dilaporkan lebih dari 150.000 orang terpaksa mengungsi setelah banjir terburuk yang terjadi dalam beberapa tahun terakhir.

Paraguay adalah negara terparah yang dilanda banjir. Presiden Horacio Cartes menyatakan status darurat, dan menyiapkan bantuan sekitar $3,5 juta atau hampir Rp50 miliar. Dilaporkan, banjir disebabkan oleh meluapnya sungai di Asuncion, ibu kota Paraguay. Ribuan orang terkena dampak dari banjir tersebut, empat orang dinyatakan tewas karena pohon yang jatuh, dan hampir 200 menara listrik rusak atau rubuh karena angin kencang.

Sekitar 20.000 orang di Argentina utara yag meliputi provinsi Entre Rios, Corrientes, dan Chaco, telah dievakuasi, dan dilaporkan dua orang tewas akibat banjir.

Sementara itu, di selatan Brazil, tepatnya di negara bagian Rio Grande do Sul, hampir 1.800 keluarga di belasan kota terpaksa mengungsi, lansir BBC (26/12/2015).

Di Uruguay, ribuan orang mengungsi hanya dalam beberapa hari. Hujan deras yang terjadi sejak 18 Desember membuat sungai di Urugay dan Quarai meluap. Namun, sebagian besar dari mereka kini telah kembali.

(fath/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...