Rusia siap dukung kelompok Kurdi di Suriah

Sikap kami terhadap pemerintah Turki tidak akan diperluas dengan memasukkan rakyat Turki'
24

MOSKOW (Arrahmah.com) – Rusia bersedia untuk mendukung kelompok-kelompok bersenjata Kurdi melawan ISIS di Suriah, kata Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov, sebagaimana dilansir oleh MEMO, Kamis (24/12/2015).

Berbicara sebelum pertemuan dengan wakil ketua pro-Partai Demokratik Rakyat Kurdi (HDP) Selahattin Demirtas di Moskow, Rusia, Lavrov mengatakan: “Kami tahu bahwa ada orang Kurdi Irak dan Kurdi Suriah di antara mereka yang menolak ancaman dari ISIS dan kelompok-kelompok bersenjata lainnya.”

Mengenai permusuhan baru-baru ini antara Rusia dan Turki ia berkata: “sikap kami terhadap pemerintah Turki tidak akan diperluas dengan memasukkan rakyat Turki.”

Demirtas mengatakan ia menyadari kunjungannya ke Moskow datang pada saat yang kritis ketika hubungan antara Turki dan Rusia berada pada “tahap kritis”.

Dia mengatakan bahwa penembakan jatuh jet Rusia “bukan langkah yang tepat” tetapi ia menambahkan bahwa krisis ini tidak seharusnya menyakiti rakyat Turki dan rakyat Rusia.

“Rakyat Turki tidak memiliki tanggung jawab dalam krisis saat ini,” katanya.

“Mungkin ada krisis diantara negara-negara tapi kami selalu mendukung bahwa saluran diplomatik tetap terbuka dan masalah diselesaikan melalui dialog,” katanya.

Berbicara tentang jatuhnya jet Rusia, dan menyinggung soal milisi Kurdi, Presiden Turki mengatakan sebelumnya: “Kita harus menghentikan mereka para politisi yang berbicara kepada organisasi teroris yang menyebarkan kerusakan di berbagai daerah di negara kita.”

(ameera/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.