Berita Dunia Islam Terdepan

Asy-Syabaab eksekusi dua pejabat Somalia

Mujahidin Asy-Syabaab saat berpatroli di pasar Bakara di Mogadishu pada 29 Juni 2009. (Foto: AP)
6

SHABELLE (Arrahmah.com) – Pejuang Asy-Syabaab telah mengeksekusi seorang pejabat militer Somalia dan pemimpin sebuah kota kecil di wilayah selatan Somalia, Shabelle Bawah, ujar juru bicara kelompok dan warga setempat pada Kamis (24/12/2015).

Kelompok yang berusaha menggulingkan pemerintahan lemah Somalia yang didukung oleh Barat, dan berupaya menerapkan syariat Islam secara sempurna di Somalia, dianggap sebagai ancaman potensial di negara Tanduk Afrika tersebut.

Sekitar 200 orang berkumpul pada Rabu (23/12) di kota Bariirey, sekitar 50 km dari selatan Mogadishu, untuk menyaksikan proses eksekusi oleh Asy-Syabaab.

“Asy-Syabaab memanggil kami untuk berkumpul. Kami pikir mereka ingin berkhutbah. Namun kami melihat dua laki-laki dengan tangan dan kaki terikat. Mereka menembaknya sampai mati,” ujar seorang warga setempat, Ahmad Aden, mengatakan kepada Reuters.

Asy-Syabaab mengambil alih Bariirey sekitar dua bulan lalu. Salah seorang pria yang dieksekusi diidentifikasi sebagai pemimpin Mareerey, sebuah kota kecil yang direbut Asy-Syabaab awal bulan ini. Dan pria lainnya merupakan pejabat militer Somalia yang ditangkap oleh Asy-Syabaab di laut.

“Kami mengeksekusi mereka sesuai dengan syariat Islam,” ujar Sheikh Abdiasis Abu Musab, juru bicara militer Asy-Syabaab tanpa memberikan penjelasan lainnya. (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...
Comments
Loading...