Turki akan membangun pangkalan militer di Qatar

Pemimpin Qatar dan pemimpin Turki
9

ANKARA (Arrahmah.com) – Turki akan membangun pangkalan militer di Qatar sebagai bagian dari perjanjian pertahanan kedua negara yang menurut laporan bertujuan unuk membantu mereka menghadapi “musuh bersama”, ujar Duta Besar Turki untuk Qatar pada Rabu (16/12/2015).

Pembentukan pangkalan militer merupakan bagian dari perjanjian yang ditandatangani tahun 2014 dan diratifikasi oleh parlemen Turki di bulan Juni, lansir Zaman Alwasl.

Kedua negara telah memberikan dukungan untuk Ikhwanul Muslimin di Mesir dan mendukung beberapa kelompok pejuang Suriah yang berperang untuk menggulingkan Bashar Asad. Keduanya juga mengutuk intervensi Rusia di Suriah yang melakukan kampanye udara untuk menopang kekuasaan Asad.

Utusan Turki, Ahmet Demirok mengatakan kepada Reuters bahwa tiga ribu pasukan darat akan ditempatkan di pangkalan militer yang akan menjadi basis militer pertama Turki di luar negeri di Timur Tengah, serta unit udara dan angkatan laut, pelatih militer dan pasukan operasi khusus.

Tujuan utama dari basis militer tersebut diklaim sebagai tempat latihan bersama di mana Qatar juga tengah mendirikan basis militernya di Turki, ujar Ahmet dalam sebuah wawancara.

“Turki dan Qatar menghadapi masalah yang sama dan kami sangat prihatin dengan perkembangan di kawasan. Kami menghadapi musuh bersama. Pada saat ini, kerjasama antara kami sangat penting,” ujar Demirok.

“Hari ini kami tidak membangun aliansi baru namun menemukan kembali hubungan bersejarah dan persaudaraan,” lanjut Demirok mengacu pada kekuasaan Utsmani yang membentang dari Eropa Timur ke Teluk Arab.

Pejabat Qatar belum bersedia mengeluarkan komentar terkait laporan tersebut. (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.