30 orang hilang saat kapal pengungsi tenggelam di lepas pantai Turki

Setidaknya 3.138 pengungsi telah meninggal saat menyeberangi Laut Mediterania sepanjang tahun ini, menurut Organisasi Internasional untuk Migrasi.
20

ANKARA (Arrahmah.com) – Setidaknya 30 orang hilang setelah kapal yang membawa pengungsi tenggelam di lepas pantai sebelah barat Turki, pada Selasa (1/12/2015), ungkap penjaga pantai Turki.

Sebagaimana dilansir oleh Anadolu Agency, perahu yang membawa sekitar 35 orang itu menuju ke pulau Chios Yunani ketika perahu itu tenggelam di lepas pantai Cesme, provinsi Izmir.

Pulau ini merupakan salah satu tujuan paling disukai bagi pengungsi yang berupaya untuk memasuki Uni Eropa dari Turki.

Dua pengungsi berenang ke darat dan melapor kepada penjaga pantai Turki mengenai tenggelamnya perahu pengungsi.

Kapal dan helikopter pencarian dan penyelamatan telah dikirim ke lokasi kecelakaan. Mayat dari tiga pengungsi Suriah ditemukan terdampar di pantai dekat.

Izmir, Mugla, Aydin dan Canakkale – empat provinsi Turki yang berhadapan dengan pulau-pulau Yunani di Laut Aegea dan laut Mediterania – merupakan tempat utama bagi pengungsi untuk menuju negara-negara Uni Eropa.

Setidaknya 3.138 pengungsi telah meninggal saat menyeberangi Laut Mediterania sepanjang tahun ini, menurut Organisasi Internasional untuk Migrasi.

Badan pengungsi PBB mengatakan bahwa lebih dari 640.000 orang telah tiba di Eropa melalui Mediterania sepanjang tahun ini.

(ameera/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...

Comments are closed.