Berita Dunia Islam Terdepan

Kompetisi Al-Qur’an diadakan di provinsi Paktia oleh Imarah Islam Afghanistan

Pertemuan untuk memperkenalkan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Imarah Islam Afghanistan di provinsi Paktia. (Foto: Voice of Jihad)
4

PAKTIA (Arrahmah.com) – Imarah Islam Afghanistan (IIA) mengadakan kometisi Husn-e-Qiraat (kompetisi Al-Qur’an) di baratdaya provinsi Paktia, Afghanistan, lansir Voice of Jihad pada Jum’at (27/11/2015).

Kompetisi tersebut termasuk perlombaan bacaan dan hafalan Al-Qur’an, diselenggarakan oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan IIA di distrik Chamkani, Paktia pada Kamis (26/11).

Sebanyak 60 Hafiz, ulama dan siswa dari 25 Madrasah dan Darul Hifaz di tiga distrik, Chamkani, Jani Khel dan Dand-e-Pantan, dengan sejumlah besar tetua suku, terlihat ambil bagian dalam kompetisi tersebut.

10 penghafal terbaik menunjukkan kemampuan mereka, membaca ayat-ayat Qur’an dengan suara yang merdu dan indah dalam berbagai lagu yang berbeda sesuai dengan aturan Tajwid, lanjut laporan Voice of Jihad.

Peserta dinilai oleh juri dari 8 ahli agama termasuk tiga Qura yang ahli dalam hal Tajwid dan hafalan Al-Qur’an.

Penyelenggara program, Maulwi Wali Muhammad Sahib, yang saat ini bertanggung jawab atas Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Imarah Islam Afghanistan mengatakan bahwa alasan utama untuk mengadakan acara tersebut adalah untuk memberitahu rakyat Afghanistan bahwa Al-Qur’an adalah kitab pedoman untuk seluruh ummat manusia.

“Ini akan memberitahu dan mengajarkan apa yang benar dan apa yang salah. Ini (Al-Qur’an-red) merupakan panduan manusia dalam setiap aspek kehidupan.”

“Tujuan dari kompetisi ini adalah untuk menyebarkan budaya dan pendidikan dari Al-Qur’an, membantu lebih banyak orang untuk menghafal Al-Qur’an dan mempromosikannya,” lanjutnya.

Kompetisi tersebut diakhiri dengan pembacaan doa untuk kaum Muslim yang tertindas, pengungsi, anak-anak yatim di daerah yang dilanda perang. Semua berdoa kepada Allah agar memberikan kedamaian untuk jiwa-jiwa para syuhada.

Warga setempat sangat mengapresiasi upaya tak kenal lelah oleh IIA untuk menjaga perdamaian dan keamanan di wilayah tersebut. (haninmazaya/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...