Berita Dunia Islam Terdepan

Tubuh seorang gadis kecil pengungsi ditemukan terjepit di sela bebatuan di pantai barat Turki

Gambar dari gadis Suriah yang tenggelam membangkitkan kenangan terhadap Aylan Kurdi, yang ditemukan terdampar tak bernyawa di pantai pada bulan September.
6

ANKARA (Arrahmah.com) – Tubuh gadis kecil Suriah berusia empat tahun telah ditemukan terdampar di pantai barat Turki, membangkitkan kembali ingatan akan foto-foto menyedihkan dari bocah pengungsi Suriah berusia tiga tahun, Aylan Kurdi, yang tubuhnya ditemukan terdampar di pantai Turki setelah kapal yang membawa keluarganya ke pulau Yunani tenggelam pada bulan September, Daily Sabah melaporkan.

Sebagaimana dilansir oleh Caravan Daily, Ahad (22/11/2015), pihak berwenang meyakini bahwa anak tersebut dan keluarganya berada di perahu yang terbalik pada 18 November di pulau Aegean saat pengungsi berusaha untuk mencapai salah satu pulau Yunani.

Tubuh gadis kecil yang terjepit di antara bebatuan itu ditemukan terdampar oleh nelayan di Çatalada, sebuah pulau Turki yang terletak di Laut Aegean, 3 mil dari kota Turgutreis, sebelah barat semenanjung Bodrum, barat daya Turki.

Gambar tubuh seorang gadis kecil yang terjepit di antara bebatuan membanjiri media sosial di Turki saat pengguna mengomentari tragedi itu.
Gambar tubuh seorang gadis kecil yang terjepit di antara bebatuan membanjiri media sosial di Turki saat pengguna mengomentari tragedi itu.

Gadis kecil itu diyakini merupakan salah satu dari sedikitnya 15 pengungsi Suriah yang berada di perahu yang terbalik itu. Hanya lima orang yang berhasil diselamatkan oleh penjaga pantai Turki.

Nirvan Hassan, seorang wanita pengungsi yang berada di perahu yang sama mengidentifikasi gadis kecil itu sebagai seorang gadis Suriah berusia empat tahun yang bernama Sena.

Gambar menyayat hati dari gadis Suriah ini mengingatkan kembali atas tragedi bocah laki-laki berusia tiga tahun, Aylan Kurdi, yang mengenakan T-shirt merah dan celana pendek biru yang tubuhnya terdampar tersapu ombak di pinggir pantai.

Menurut laporan terbaru yang dirilis oleh kelompok migrasi, setidaknya 77 anak telah tewas ketika mencoba menyeberangi Mediterania menuju Eropa sejak tubuh tak bernyawa dari Aylan Kurdi di pantai Turki menjadi berita utama di seluruh dunia pada bulan September.

Organisasi Internasional untuk Migrasi mengatakan bahwa lebih dari 724.000 orang yang mengungsi ke Eropa telah melintasi Mediterania tahun ini, 80 persen dari mereka antara Turki dan Yunani.

(ameera/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...