Berita Dunia Islam Terdepan

Video: Biadab, penjaga pantai Yunani mencoba menenggelamkan perahu pengungsi

Video: Penjaga pantai Yunani mencoba menenggelamkan perahu pengungs.
2

ANKARA (Arrahmah.com) – Video dan gambar terbaru yang dibocorkan oleh pers Turki pada Jum’at (20/11/2015) telah mengungkapkan apa yang digambarkan sebagai “upaya angkatan laut Yunani untuk menenggelamkan perahu karet yang membawa 58 pengungsi Suriah, termasuk anak-anak, di Laut Aegea.”

Sebagaimana dilansir oleh MEMO, Sabtu (21/11), Surat Kabar Zaman mengatakan bahwa pihak berwenang Turki memberikan penjelasan kepada Presiden Yunani Alexis Tsipras, yang sedang mengunjungi Ankara pada Selasa lalu, dan menunjukkan rekaman tersebut.

Dalam rekaman tersebut terlihat pelaut Yunani yang sedang mencoba untuk menembus perahu yang membawa pengungsi dengan alat tajam.

Zaman mengatakan bahwa presiden Yunani menyatakan “keterkejutannya” ketika ia menonton video itu di hadapan komandan angkatan laut Turki Hakan Ustem dan komandan Ananasius Atanasopolos Yunani.

Surat kabar itu melaporkan bahwa ketika penjaga pantai Yunani menentukan lokasi perahu pengungsi, penjaga pantai itu kemudian mengirim sebuah kapal yang bertandakan nomer LS-060 ke lokasi itu. Setelah menusuk perahu pengungsi, kru Yunani kemudian meninggalkan pengungsi dengan perahu mereka yang mulai tenggelam.

Menurut Zaman, sebuah kapal penjaga pantai Turki menyelamatkan para pengungsi itu sebelum perahu itu tenggelam.

(ameera/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...