Berita Dunia Islam Terdepan

Pemuda asal Suriah menjadi juara pertama dalam acara Stars of Science di Doha

Yaman Abou Jieb, seorang pemuda Suriah, memenangkan kontes Stars of Science season 7 di Doha, Qatar. (Foto: Arabnews)
4

DOHA (Arrahmah.com) – Yaman Abou Jieb, inovator muda asal Suriah, berhasil menjadi juara pertama dalam acara Stars of Science yang diadakan di Doha, Qatar.

Voting dari seluruh dunia Arab yang kemudian digabung dengan kesepakatan para juri membuat Yaman Abou Jieb memperoleh skor 37,2%, skor tersebut cukup untuk memenangkan hadiah pertama sebesar $300,000.

Arabnews melansir (22/11/2015), Yaman Abou Jieb menjadi pemenang pertama karena telah menciptakan Glean, sebuah mesin cuci bertenaga surya.

Omar Hamid menduduki posisi kedua dengan skor 23,1% dan memperoleh hadiah sebesar $150,000. Dia menciptakan Sanda, sebuah kursi doa yang berhasil membuat penonton terpesona karena kreativitas dan semangatnya.

Stars of Science telah menjadi pengalaman seumur hidup. Saya bangga menjadi perwakilan Suriah dalam kompetisi besar ini,” ujar Yaman Abou Jieb, pemenang pertama Stars of Science season 7.

“Dengan menghubungkan para inovator muda seperti saya dengan sumber daya dan para ahli, Qatar Foundation akan menciptakan minat dalam ilmu pengetahuan, teknik, dan desain di dunia Arab. Ke depan, saya terdorong tidak hanya untuk mengembangkan Glean (mesin cuci surya), tetapi untuk memberikan kepercayaan kepada kaum muda di seluruh daerah terhadap kemampuan mereka untuk meningkatkan kehidupan melalui inovasi,” tambahnya.

Stars of Science diluncurkan pada tahun 2009, bertujuan untuk berdedikasi terhadap penemuan ilmiah, dan menyoroti generasi muda Arab sebagai calon inovator berikutnya.

(fath/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...