Berita Dunia Islam Terdepan

Untuk pertama kalinya Sekjen PBB mengunjungi Korea Utara

Kim Jong Un dan militer Korea Utara
4

PYONGYANG ( Arrahmah.com) – Sekjen PBB Ban Ki-moon akan mengunjungi Korea Utara. Ini adalah pertama kalinya badan internasional akan mengunjungi negara komunis dalam lebih dari dua dekade, kantor berita Korea Selatan Yonhap melaporkan.

Seperti dilansir CNN (16/11/2015), Ban berencana untuk melakukan perjalanan ke Pyongyang akhir pekan ini dan akan bertemu dengan Kim Jong Un, pemimpin Korea Utara. Ia berencana membahas senjata nuklir Korea utara.

“Kami telah melihat laporan, namun tidak akan mengomentarinya saat ini. Kami akan memberitahukannya jika ada perubahan,” juru bicara Ban mengatakan kepada CNN.

Ia menambahkan, Sekjen selalu mengatakan bahwa ia siap untuk memainkan peran apa pun dalam rangka untuk meningkatkan dialog, stabilitas, dan perdamaian di semenjanjung Korea.”

Sebelumnya, hanya dua Sekjen PBB yang telah mengunjungi Korea Utara. Ia adalah Kurt Waldheim pada tahun 1979, dan Boutros Boutros-Ghali pada tahun 1993.

Ban adalah orang Korea Selatan, ia pernah mengunjungi kota perbatasan Korea Utara Kaesong pada awal Mei tetapi perjalanan itu dibatalkan secara sepihak, Pyongyang menarik undangan tersebut.

(fath/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...