Berita Dunia Islam Terdepan

Ratusan tentara Sudan tiba di Yaman untuk dukung Hadi

Miisi Komite Perlawanan Rakyat Yaman, mendukung pasukan yang setia kepada presiden Yaman Abedrabbo Mansour Hadi, melakukan patroli jalan di Aden pada tanggal 1 November 2015. (AFP).
3

SANA’A (Arrahmah.com)AFP melaporkan bahwa sebanyak 400 tentara Sudan tiba di kota pelabuhan Aden, Yaman, untuk mendukung Presiden Hadi.

Sebagaimana dilansir oleh Al Bawaba, Senin (9/11/2015), tentara-tentara Sudan itu akan bergabung dengan 500 tentara Sudan lainnya yang telah tiba di Aden pada tanggal 19 Oktober.

Tentara-tentara Sudan itu telah dikerahkan oleh pemerintah pro-Hadi ke provinsi-provinsi selatan untuk mengambil kembali kota yang saat ini dikuasasi oleh milisi Houtsi.

Empat provinsi lain di sebelah selatan, yaitu provinsi Lahj, Daleh, Abyan dan Shabwa, baru-baru ini berhasil direbut kembali oleh pasukan pro-Hadi, AFP melaporkan.

Kedatangan tentara-tentara Sudan yang baru ini diduga sebagai bagian dari manuever defensif untuk mengantisipasi agar milisi Houtsi tidak bisa merebut kembali kota Aden.

Kota Aden adalah kota pelabuhan penting di Yaman yang saat ini dikuasi oleh pasukan pro-Hadi.

Mobilisasi Umum telah dideklarasikan di Daleh, di mana para pejuang Houthi merebut kembali kota lain di dekatnya, Damt, pada Sabtu (7/11), seorang pejabat setempat mengatakan kepada AFP.

Pasukan pro-Hadi juga bergerak menuju kota pesisir Dhubab, dekat selat Bab al-Mandab, di mana para milisi Houtsi mencapai “kemajuan yang terbatas” selama akhir pekan, kata sumber militer.

Milisi Houtsi mengklaim sebuah pangkalan militer di Dhubab pada Sabtu, setelah pertempuran dengan pasukan pro-Hadi yang menyebabkan puluhan orang tewas.

PBB melaporkan bahwa lebih dari 5.000 orang telah tewas dalam konflik yang sedang berlangsung sejak Maret.

(ameera/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...