Berita Dunia Islam Terdepan

Partai AK peroleh kemenangan dalam pemilihan umum Turki

Partai AK meraih lebih dari 276 kursi, jumlah minimal yang dibutuhkan untuk membentuk pemerintahan sendiri tanpa harus berkoalisi dengan partai lain.
3

ANKARA (Arrahmah.com) Perdana Menteri Turki Ahmet Davutoglu menjelaskan kesuksesan Partai Keadilan dan Pembangunan (AK) di pemilihan umum pada Ahad (1/11/2015).

Kemenangan ini bukan milik kita tapi milik bangsa kita dan warga negara kita,” kata Davutoglu dalam sebuah pidato di kampung halamannya Konya beberapa jam setelah hasil awal menunjukkan bahwa Partai AK telah kembali memenangkan mayoritas kursi parlemen, sebagaimana dilansir oleh Anadolu Agency.

Kemudian, ia kembali ke ibukota Ankara untuk memberikan sambutan terkait kemenangan yang dicapai partainya di luar markas partai AK.

Jangan terprovokasi,” katanya kepada para pendukungnya. Hari ini, kalian akan menyapa tetangga kalian, dan kalian akan merangkul saudara kalian lebih dari sebelumnya. Kalian tidak akan terprovokasi.”

Dalam sambutannya yang ditujukan kepada para pendukung partai rivalnya, ia mengatakan bahwa mereka tidak perlu merasa bahwa mereka telah kalah dalam pemilihan.

“Tidak ada pecundang hari ini,” kata Ahmet Davutoglu, yang juga merupakan ketua Partai AK.

Ia menegaskan, “satu-satunya pemenang adalah bangsa kita, republik kita.”

Dengan 99,58 persen suara dihitung, Partai AK memimpin dengan 49,41 persen suara (316 kursi), diikuti oleh Partai Rakyar Republik (CHP) yang meraup 25,38 persen suara (134 kursi).

Partai Gerakan Nasionalis (MHP) mendapat 11,93 persen suara (41 kursi), sementara Partai Demokrasi Rakyat (HDP) mendapat 10,7 persen suara (59 kursi).

(ameera/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...