Berita Dunia Islam Terdepan

Melawan asap, baking soda dapat menjadi salah satu solusi untuk memurnikan udara

Baking soda juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, kecantikan, bahkan untuk keperluan rumah tangga.
6

(Arrahmah.com) – Sebelumnya kita hanya mengenal baking soda sebagai bahan untuk membuat adonan kue. Pada perkembangan selanjutnya, diketahui bahwa bahwa baking soda atau sodium bikarbonat juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, kecantikan, bahkan untuk keperluan rumah tangga.

Akan tetapi siapa sangka, selain memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, kecantikan, dan untuk keperluan rumah tangga, ternyata baking soda juga bisa digunakan untuk memurnikan udara dalam ruangan. Hal ini tentu menjadi kabar menggembirakan ditengah asap yang melanda beberapa wilayah di Indonesia.

Sebagaimana dikutip dari Komunitas Baking Soda Indonesia, berikut ini petunjuk pemakaian baking soda murni untuk membersihkan udara:

1. Wadahi segenggam soda kue murni (tanpa zat anti-kempal) dalam wadah mangkuk. Mangkuk bisa terbuat dari bahan apa saja.

2. Buat beberapa mangkuk soda kue minimal sejumlah ruangan yang ada di dalam rumah.

3. Taruh satu mangkuk dalam ruangan yang tidak terlalu terpapar asap. Taruh lebih dari satu mangkuk untuk ruangan yang menjadi lokasi keluar masuk orang/sering terbuka pintunya.

4. Taruh di ruangan dengan jendela tertutup supaya tidak ada asap masuk. Letakkan mangkuk-mangkuk itu di sudut-sudut ruangan, di atas lemari, atau tempat yang aman yang tidak mudah tersenggol oleh anak-anak.

5. Dalam ruangan tertutup, udara sudah relatif bersih dari partikel asap dalam waktu 1 jam, in syaa Allah.

6. Mangkuk soda kue dapat bertahan selama sebulan sebelum diganti dengan soda kue yang baru.

Demikian petunjuk penggunaan baking soda dalam memurnikan ruangan yang terpapar asap, semoga bermanfaat.

(ameera/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...