Berita Dunia Islam Terdepan

Serangan udara AS membunuh 20 orang di Afghanistan

1

AGHANISTAN (Arrahmah.com) – Sedikitnya 20 orang telah tewas dalam serangan udara yang diluncurkan AS dan serangan yang dilakukan oleh pasukan Afghanistan di provinsi Logar, lansir Albawaba.

Pejabat polisi Kharwar Logar mengklaim pada Selasa (20/10/2015) bahwa sejumlah desa Afghanistan dibersihkan dari gerilyawan Imarah Islam Afghanistan (IIA) setelah serangan itu.
Pihak berwenang mengatakan sejumlah besar senjata dan amunisi juga disita selama operasi.
Serangan tersebut dilakukan sehari setelah lima orang tewas dalam ledakan bom pinggir jalan di mana sejumlah pihak menyalahkan Mujahidin IIA di distrik Andkhoy Faryab.
Awal pekan ini, Kementerian Dalam Negeri Afghanistan mengatakan pasukan pemerintah telah berhasil membunuh sekitar 90 gerilyawan IIA yang mereka sebut sebagai Taliban dan melukai 106 orang lain dalam operasi di provinsi Daykundi, Ghazni, Kapisa, Logar, Maidan Wardak, Nangarhar, Uruzgan, dan Zabul, serta kota Kandahar.
Pasukan Afghanistan juga mengatakan mereka telah menahan sekitar dua lusin orang lainnya di seluruh negeri dalam beberapa hari terakhir.
Kekerasan baru-baru ini terjadi saat Pakistan baru-baru ini mengatakan negosiasi damai antara Kabul dan Taliban yang sempat terhenti kemungkinan besar akan segera dilanjutkan.
Afghanistan terus menghadapi ketidakamanan selama 14 tahun setelah AS dan sekutunya menginvasi negara itu sebagai bagian dari apa yang diklaim Washington sebagai “perang melawan teror”.
Menurut sebuah laporan baru-baru ini yang dirilis oleh Kesetaraan untuk Perdamaian dan Demokrasi (EDP), Afghanistan mengalami kerugian keuangan lebih $ 9 Milayar selama tahun lalu saja dalam memerangi Mujahidin.

(banan/arrahmah.com)

Baca artikel lainnya...